Sampingan

21 Jan

Pondok Halimun, Sukabumi

24-25-26 December 2015

Liburan di akhir tahun 2015 kemarin, kami akhirnya memutuskan untuk ikut lagi acara dari Family Camp Community (https://www.facebook.com/groups/familycamp/). Ini adalah acara FCC yang ke 12, dan biasanya diadakan 1-2 kali setahun.

Seperti biasa persiapan makan waktu cukup lama, ini sudah kita cicil siap2nya dari weekend sebelumnya.. maklum bawa anak 3 dan bawaan yang maunya super lengkap..Pokoknya bagian belakang mobil kita sudah pas deh, dari mulai printilan kayak dingklik, mainan & buku anak-anak dan yang paling penting galon air + kran nya..

Kamis pagi jam 6.30 tgl 24 December kita jalan dari rumah langsung menuju Sukabumi.. untung tujuan kali ini bukan ke Bandung, karena arah Bandung macet parahhh.. Ini foto kita pas udah pada melek semua.. padahal di foto sebelumnya anak2 lanjut merem lagi pas duduk di mobil…

WP_20151224_05_46_20_Pro         WP_20151224_09_30_51_Pro

Alhamdulillah mengikuti maps di cellphone kita berhasil tidak kena macet sama sekali, walau mesti lewat jalan-jalan kampung.. ini pemandangan Gunung Gede dari jauh.. duhh gak sabar udah pengen cepat sampai aja lihat yang hijau-hijau..

WP_20151224_06_15_15_Pro  WP_20151224_08_14_26_Pro

Sebelum sampai di Pondok Halimun, kita makan sop iga dulu didepan salah satu IndoMaret.. cukup nikmat makan sop hangat , terbukti dari cara makan ketiga putri kita yg lahap.. Lanjut perjalanan lagi, akhirnya kita sampai juga di Pondok Halimun jam 11an.. ternyata peserta yang sudah sampai dan mendirikan tenda cukup banyak.. Kita juga tidak membuang2 waktu langsung membongkar perlengkapan dan mendirikan tenda. Di lokasi ini rupanya ada semacam ranger yang memang base nya disini, jadi kita dibantu oleh Mas-mas baik ini untuk mendirikan tenda.. Kita memilih lokasi yang paling dekat ke kamar mandi dan keran air, mengingat pengalaman sebelumnya kita jauh dari kamar mandi, dna lumayan PR kalau anak-anak minta ke kamar mandi.

Sekitar jam 12-an tenda kita sudah berdiri, agak kurang tinggi bagian teras nya untuk orang dewasa, karena sayangnya disekitar kita tidak ada pohon tinggi buat nyangkutin tali nya.. tapi cukup nyaman koq.. sayangnya disini lokasi nya tidak landai seperti lokasi perkemahan sebelumnya di ex Lapangan Golf Cibodas,.. tapi lingkungan disini jauh lebih alami…

WP_20151224_004      WC_DSC7947

Next, mulai lah si Bunda menyiapkan makan siang, nasi hangat dan ayam goreng (ayam nya sudah di beri bumbu kuning sama si Mbak dirumah), jadi tinggal goreng aja .. setelah selesai makan kita main2 di sungai kecil dekat perkemahan

_DSC7805

Malamnya ada acara perkenalan dengan para keluarga anggota FCC ( Family Camp Community ), dan sekaligus ada acara pengenalan tentang ular untuk anak-anak..

_DSC7813

Lalu acara terakhir malam ini ditutup dengan Night Hiking… kali ini untuk saya dan anak-anak saja, karena untuk para Ibu-Ibu ada acara sendiri.. Cukup seru jalan malam ini karena daerah sekitar perkemahan kami masih hutan alami.. Untungnya saya bawa senter bohlam yg sangat terang dan tinggal colok power nya ke USB..

_DSC7827

Jum’at tanggal 25 December pagi kita sudah dibangunkan dengan suara panggilan dari panitia FCC untuk segera siap2 berangkat ke Air Terjun Cibeureum.. kita termasuk rombongan terakhir, karena nunggu anak-anak selesai sarapan..

Perjalanan menuju kesana cukup berat dan penuh dengan tanjakan dan turunan yang curam.. tapi udaranya sungguh segar dan hutan nya masih alami, kecuali ya jalans etapak yang memang sudha disediakan utk pengunjung..

_DSC7872 _DSC7871

Perjalanan menuju ke air terjun sekitar 3 jam bolak balik, dan ada 3 pos dimana kita bisa beristirahat dan meluruskan kaki. Yang paling tidak merasa capek ya si kecil.. tinggal duduk manis didalam ransel sambil nyanyi-nyanyi.. yang paling capek ya Ayah nya yang gendong.. tapi alhamdulillah putri kami kedua yang biasanya kalau di mall suka gampang capek,.. ini semangat sekali..

_DSC7890WP_20151225_09_06_23_Pro

Sekitar jam 11-an kita sampai di air terjun yang indah ini.. capeknya jalan sudah terobati melihat air terjun ini… udara yang pasti segar banget .. pokoknya TOP deh..

_DSC7835 _DSC7863_DSC7865 _DSC7903

Setelah puas foto2 kita mesti pulang karena ngejar Jum’atan. perjalanan pulang lebih banyak turun nya, dan yang pasti baju sudah basah dengan keringat.. untungnya udara hari ini cerah tapi tidak terlalu panas…

Acara hari ke dua ini dilanjutkan dengan pengenalan ke anak-anak tentang ular. Komunitas Sioux khusus datang ke acara ini dan membawa beberapa ular dari yang paling kecil sampai dengan ular yang cukup besar.. Kita diperkenalkan supaya tidak takut terhadap ular, bagaimana membedakan ular berbisa dan tidak, dan apa yang harus dilakukan kalau berhadapan dengan ular. Kebetulan juga diliput TV nih:

Yang excited sama ular 2 putri kami ini.. kalau yang paling kecil milih untuk lihat dari jauh saja. Saya sendiri juga bukan penggemar ular, jadi cukup foto2in aja.

_DSC7919

Malam kedua langit sangat cerah dan bulan purnama dan bintang bertebaran.._DSC7924

Acara malam kedua diisi dengan api unggun dan diramaikan dengan performance anak-anak yang berani untuk maju nyanyi di depan.._DSC7945

Sabtu, 26 Desember. Tanpa kerasa sudah masuk hari ke 3 dan kita harus pulang kembali ke Jakarta… tidak lupa foto-foto dulu di dekat tenda dan di kali kecil dekat perkemahan.. Bakalan kangen nih sama lingkungan yang segar, hijau dimana-mana.. dan pastinya air mandi yg kayak Es.. hahaha… Lelah? pastiii… tapi kita sekeluarga puas banget…

Can’t wait for our next Camping Trip… Hopefully soon….

_DSC7952  _DSC7954_DSC7970   _DSC7990_DSC8004

Thanks FCC untuk acaranya yang selalu menyenangkan..

6 Tanggapan to “Kemping di Pondok Halimun, Sukabumi, Desember 2015”

1. wisnuwidiarta Januari 21, 2016 pada 10:42 am #

Wah luar biasa.. bonding dengan alam dan membuat jiwa petualang anak-anak di alam bebas! Salut! Acaranya juga seru banget nih. Sama Ranca Upas gimana pengalamannya?

• udadony Januari 21, 2016 pada 10:54 am #

Karena kita ikut program camping lengkap dengan EOnya, jadi acaranya memang dibuat penuh aktivitas edukasi dan bertualang, meski bumi perkemahan hanya menyediakan fasilitas alami seperti tracking, sungai dan air terjun. Berbeda dengan Ranca Upas yg memang punya fasilitas yang tanpa guide/EO pun kita sudah bisa menikmatinya

• wisnuwidiarta Januari 21, 2016 pada 11:04 am #

Kapan nih kita camping lagi

2. adnan Januari 21, 2016 pada 11:03 am #

Wow…seru nih petualangannya…lain kali boleh gabung kali adek zahwa sama kakak2 nya…

• udadony Januari 22, 2016 pada 2:38 am #

Wah zahwa boleh banget join nih pasti rame…

3. naksyabandi77 Juli 22, 2016 pada 11:54 am #

Kalau mau ikut gmn…
    Boleh dong informasi waktu sama biayanya